Jumat, 13 Juli 2012

Cara - Cara mengoperasikan instal sebuah program

                                                Langkah2 menginstal corel draw:
1.  Untuk memulai instalasi CorelDRAW 11 dapat dilakukan dengan klik ganda pada icon setup yang terdapat pada CorelDRAW 11 atau dengan mengaktifkan fasilitas autorun pada CD ROOM .

2.  Setelah icon setup di klik, akan muncul jendela InstallShild Wizard CorelDRAW 11, klik next untuk melanjutkan proses instalasi dan cancel untuk membantalkan proses instalasi.

3.   Selanjutnya muncul jendela License Agreement, jendela ini berisi tentang lisensi atau persetujuan izin mengunakan aplikasi CorelDRAW 11, pilih Accept untuk setuju dan meneruskan proses instalasi , Back untuk kembali ke jendela sebelumnya dan Decline jika tidak setuju dan keluar dari proses -instalasi.

4.   Setelah proses penginstalan di lanjutkan, akan muncul jendela Customer Information user di minta mengisi User Name (identitas pemakai aplikasi ), user juga di minta untuk mengisi Company Name (nama perusahan / Instansi atau organisasi) dan Serial Number

5.     Setelah Customer Information di isi klik tombol next untuk melanjutkan proses instalasi , yang di teruskan dengan munculnya jendela Setup Type , jendel ini digunakan untuk memilih tipe instalasi yang di inginkan  yaitu :
        Typical untuk instal semua aplikasi secara penuh.
        Compact untuk install aplikasi minimum
        Custom untuk memilih jenis aplikasi apa saja yang akan di install


6.     Untuk kasus ini kita akan memilih Setup Type dengan pilihan custom , selanjutnya akan muncul jendela Select Feature , jendela ini digunakan untuk memilih jenis aplikasi – aplikasi apa saja yang di inginkan oleh user, aplikasi – aplikasi tersebut adalah:
        CorelDraw, bagian aplikasi yang di gunakan untuk melakukan desain berbasis kurva.
        CorelRave, bagian aplikasi yang di gunakan untuk melakukan desain animasi.
             CorelPhotopaint, bagian aplikasi yang di gunakan untuk melakukan desain   photo.
             CorelTrace, bagian aplikasi yang di gunakan untuk melakukan desain garment (corak suatu bahan pakaian)

        CorelCapture, bagian aplikasi yang di gunakan untuk menangkap tampilan tertentu pada layar komputer.

7.     Setelah bagian – bagian aplikasi tersebut dipilih, klik tombol next untuk melanjutkan proses instalasi , kemudian akan tampil jendela Chose Destination Location ,jendela ini digunakan untuk membuat folder tujuan instalasi, secara default folder tujuan instalasi tersebut adalah “C:/Program File/Corel/Corel Graphics 11” , user dapat melakukan perubahan dengan mengklik tombol Browse.


8.     Setelah folder tujuan di tentukan , langkah selanjutnya adalah menekan tombol Install, yang berarti proses pengkopian file – file dari CD Master CorelDRAW 11 ke dalam komputer dimulai, proses tersebut berlangsung sampai indicator persentase proses instll menunjukan 100 %

9.     Jika proses instalasi selesai, akan muncul jendela yang menunjukan bahwa proses telah selesai , Insalation Wizard Complated.

Langkah2 menginstal vb

1.  Masukan CD-ROM installer , buka isinya kemudian klik ganda pada setup.exe sehingga akan muncul kotak dialog yang pertama kemudian klik next.

2.  Kotak dialog yang kedua akan muncul, baca agreement jika setuju klik I accept the agreement dan klik next.


3.  Kotak dialog yang ketiga akan muncul, isikan nomor produk yang tertera pada VB6 klik next.

4.  Kotak dialog yang keempat akan muncul, klik instalasi Visual Basic 6 klik next, program InstallShield akan bekerja dan muncul kotak dialog kelima yang isinya tentang aturan hukum pembajakan ada aturan main yang harus disepakati bersama yaitu EULA(End User Lisence Agreement) perjanjian antara Microsoft dengan user, klik continue.

5.  Kotak dialog yang keenam akan muncul, secara default VB6 akan akan membuat folder yang terletak C:\Program files\DevStudio\VB. klik ok.

6.  Kotak dialog yang ketujuh akan muncul, menyediakan pilihan setup Typical atau Custom lalu klik ok, nama program VB6 secara default adalah Microsoft Visual Basic 6 lalu klik continue proses penyalinan hardisk dimuali pada langkah ini .

7.  Setelah proses mencapai 100% akan muncul tampilan yang memberi tahu bahwa proses instalasi akan komplet. Klik ok, VB6 akan meminta untuk merestart windows agar hasil proses instalasi sesuai dengan rencana.

8.  Klik tombol restart windows, lengkaplah proses instalasi VB 6.0. Untuk melihat hasilnya, dari menu Start arahkan pointer ke Microsoft Visual Basic 6.o, maka akan tampil kelompok dari program Visual Basic 6.0



                                                  Langkah2 menginstal windows xp
1. Seperangkat komputer lengkap dengan CDROM/DVDROM
2. CD/DVD WINDOWS XP
Langkah-langkah:
1. Hidupkan komputer, kemudian masuk ke system BIOS dengan menekan tombol DEL (umumnya tombol DEL atau perhatikan tulisan di layar pada saat pertama kali menghidupkan komputer).
2. Ubah “1stboot device” yang biasanya terdapat pada ADVANCE SETTING ke CDROM/DVDROM.
3. Tekan F10 atau pilih SAVE CHANGES AND EXIT.
4. Komputer akan restart secara otomatis.
5. Hidupkan kembali komputer, perhatikan dilayar akan muncul tulisan “PRESS ANY KEY TO BOOT FROM CD”, kemudian tekan sembarang tombol agar system komputer boot dari CDROM/DVDROM.
6. Proses awal instalasi akan berjalan. Tunggu sampai muncul tulisan “PRESS ENTER TO CONTINUE, PRESS F3 TO EXIT and PRESS R TO REPAIR”. Tekan ENTER untuk melanjutkan instalasi.
7. Akan muncul sebuat agreement. Tekan F8 untuk i agree
8. System akan mengecek apakah di dalam komputer sudah ada system WINDOWS XP sebelumnya. Jika sudah ada maka akan muncul pilihan untuk instalasi ulang denga menekan ESC atau untuk repair dengan menekan R.
9. Untuk sekarang kita akan melakukan instalasi ulang dengan menekan tombol ESC.
10. Akan muncul partisi yang ada pada hardisk (jika sebelumnya sudah di partisi).
11. Kita bisa melakukan partisi ulang dengan menghapus partisi yang lama terlebih dahulu, baru membuat yang baru. Cara-cara untuk partisi ulang sudah tertera pada layar. Biasakan membuat min 2 partisi. 1 untuk system WINDOWS dan 1 lagi untuk DATA.
12. Setelah kita partisi ulang, tekan “ENTER” pada partisi yang akan diinstall WINDOWS. Usahakan menginstall WINDOWS pada partisi drive C.
13. Setelah menekan “ENTER” akan muncul pilihan formating. Apakah partisi tersebut mau diformat dengan system apa. Biasakan menggunakan system “NTFS” dan pilih yang “QUICK” agar system melakukan format dengan cepat.
14. Proses format dan copy file akan berjalan. Tunggu sampai proses copy selesai. System akan restart secara otomatis.
15. Masuk ke BIOS lagi, ubah “1stboot device” ke hardisk (HDD 0) kemudian tekan F10
16. System akan melakukan proses instalasi. Tunggu sampai proses instalasi awal selesai, System akan meminta kita memasukkan computer name dan company name. Jika sudah tekan NEXT.
17. Masukkan Serial number CD WINDOWS yang dipakai lalu tekan NEXT.
18. Pilih Regional temapt kita untuk DATE AND TIME. Kemudian NEXT.
19. System akan menginstall Network Device. Setelah selesai, system akan memintak kita configurasi network. Tekan NEXT 2x karena kita tidak membahas NETWORKING.
20. System akan melanjutkan proses instalasi kembali kira-kira 20 menit. Tunggu sampai komputer melakukan restart dengan sendirinya yang menandakan proses instalasi telah selesai.
21. Akan muncul WELCOME note WINDOWS XP. Tekan NEXT. Kemudian lakukan registrasi jika mau, jika tidak pilih ” No Thanks” dan tekan NEXT. Isi nama username kita, lalu tekan NEXT. Kemudian tekan FINISH.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar